Seminar untuk Kepala Desa dari Indonesia (Benchmarking Study)

  • Nov 20, 2023
  • Sugihan

Kemendes PDTT melakukan Benchmarking Study yang dilaksanakan mulai 15-25 Oktober 2023 di China hasil kerja sama antara Kemendes PDTT dengan Ministry of Agriculture and Rural Affairs (MARA) China.

Sebanyak 20 kepala desa dari berbagai provinsi di Indonesia sengaja diberangkatkan untuk berjejaring dan saling bertukar gagasan serta pengalaman dengan desa-desa di China. Salah Satu diantara 20 Kepala Desa se Indonesia tersebut adalah Bapak Warsito (Kepala Desa Sugihan Kec. Merakuak)

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar mengungkapkan keyakinannya bahwa Indonesia dan China memiliki banyak kesamaan dalam hal pembangunan pedesaan, yang dapat saling memperkuat melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman.

"Setiap negara punya ciri khasnya masing-masing dalam pembangunan tapi juga kesamaan karena beberapa faktor termasuk soal kondisi alamnya. Soal membangun desa, Indonesia dan China punya kesamaan. Soal peradaban juga, dan jumlah masyarakat China juga sangat banyak" papar Gus Halim dalam pembukaan Benchmarking Study yang diselenggarakan di Ruang Rapat Gedung B, Hotel ACFTU-Beijing, Minggu (15/10/2023).